Favorite posts

Selasa, 24 April 2012

4 Sehat 5 Sempurna


Pengertian dari menu 4 sehat 5 sempurna sangat beragam, antara lain :
1.1.      Menu 4 sehat 5 sempurna diciptakan pada tahun 1950-an oleh Prof. Poerwo Soedarmo yang sering disebut juga sebagai Bapak Gizi Indonesia. Slogan "Empat Sehat Lima Sempurna" berisikan lima kelompok makanan, yaitu:
(1.    Makanan pokok
(2.     Lauk-pauk,
(3.    Sayur-sayuran
(4.    Buah-buahan, dan
(5.    Susu.
1.2.  Menu 4 sehat 5 sempurna adalah pola menu seimbang yang bila disusun dengan baik mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pola menu 4 sehat 5 sempurna digali dari pola menu yang pada umumnya sejak dahulu telah dikenal masyarakat diseluruh tanah air. Pada umumnya menu di indonesia terdiri atas makanan sebagai berikut:
(1.  Makanan pokok untuk memberi rasa kenyang : nasi, jagung, ubi jalar, singkong, talas, sagu serta hasil olah seperti mie, bihun, makaroni dan sebagainya.
(2. Lauk untuk memberi rasa nikmat sehingga makanan pokok yang pada umumnya mempunyai rasa netral, lebih terasa enak.
a.       Lauk hewani : daging, ayam, ikan dan kerang, telur.
b.      Lauk nabati : kacang-kacangan dan hasil olah, seperti kacang kedelai, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, tahu, tempe dan oncom.
c.       Sayur untuk memberi rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan karena biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah : sayur daun-daunan, umbi-umbian, kacang-kacangan dan sebagainya.
d.      Buah untuk mencuci mulut : pepaya, nanas, pisang, jeruk, dan sebagainya.
e.       Susu sebagai pelengkap.

1 komentar: